MAKALAH BAHASA INDONESIA SMA DOC

Hello Sobat makalah bahasa indonesia sma doc! Apakah Anda sering mendapatkan tugas untuk membuat makalah? Apakah Anda tahu apa itu makalah dan bagaimana ciri-cirinya? Jika Anda belum tahu, jangan khawatir. Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda memahami apa itu makalah dan ciri-cirinya. Apa itu makalah bahasa indonesia sma doc?

Makalah adalah dokumen tertulis yang berisi hasil penelitian atau kajian tentang suatu topik tertentu. Tujuan utama dari makalah adalah untuk memperkenalkan gagasan atau temuan baru, membahas masalah-masalah penting dalam suatu bidang, dan menambah pengetahuan kita tentang topik tersebut. Makalah biasanya dibuat oleh mahasiswa, akademisi, peneliti, atau profesional yang ingin berbagi penemuan atau pengalaman mereka dalam suatu bidang. makalah bahasa indonesia sma doc juga dapat digunakan sebagai sarana untuk memenuhi syarat akademik, seperti tugas kuliah, makalah seminar, atau tesis.

Jika rekan pendidik tidak mau repot, atau kurang memiliki waktu senggang dalam pembuatan MAKALAH, rekan pendidik dapat meminta bantuan untuk dibuatkan MAKALAH kepada kami, Rekan pendidik bisa menghubungi  saya di WA: 0856-42-444-991. Harapan kami, Semoga postingan kali ini bermanfaat!

Makalah memiliki struktur yang baku dan standar, yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu: judul, abstrak, kata kunci, pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian, hasil dan pembahasan, simpulan dan saran, daftar pustaka, dan lampiran. Setiap bagian memiliki fungsi dan isi yang berbeda-beda. makalah bahasa indonesia sma docjuga harus mengikuti gaya penulisan dan sitasi yang ditentukan oleh lembaga atau jurnal yang menerbitkannya. Beberapa gaya penulisan yang umum digunakan adalah APA (American Psychological Association), MLA (Modern Language Association), Chicago (Chicago Manual of Style), dan IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers).

Ciri-ciri Makalah

Setelah mengetahui apa itu makalah, sekarang kita dapat melihat apa saja ciri-cirinya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri makalah:

  • Ciri 1: Makalah memiliki judul yang jelas dan informatif. Judul makalah harus mencerminkan topik penelitian yang dibahas. Judul makalah juga harus singkat dan padat, tidak lebih dari 15 kata. Judul makalah harus ditulis dengan huruf kapital di awal setiap kata kecuali kata sambung.
  • Ciri 2: Makalah memiliki abstrak yang ringkas dan komprehensif. Abstrak adalah ringkasan singkat dari isi makalah yang mencakup latar belakang masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, dan simpulan penelitian. Abstrak makalah harus ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak mengandung istilah teknis atau singkatan yang tidak umum. Abstrak makalah juga harus singkat dan padat, tidak lebih dari 250 kata.
  • Ciri 3: Makalah memiliki kata kunci yang relevan dan spesifik. Kata kunci adalah istilah-istilah penting yang berkaitan dengan topik penelitian yang dibahas. Kata kunci makalah berguna untuk memudahkan pencarian dan pengindeksan makalah di basis data ilmiah. Kata kunci makalah harus dipilih dengan hati-hati dan sesuai dengan bidang ilmu yang relevan. Kata kunci makalah biasanya terdiri dari 3 hingga 5 kata.

Download

contoh makalah

  • Ciri 4: Makalah memiliki pendahuluan yang menarik dan informatif. Pendahuluan adalah bagian awal dari makalah yang berfungsi untuk memberikan gambaran umum tentang topik penelitian yang dibahas. Pendahuluan makalah bahasa indonesia sma doc harus menarik perhatian pembaca dan memberikan latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan batasan penelitian. Pendahuluan makalah juga harus mengandung pernyataan tesis atau hipotesis yang merupakan inti dari penelitian.
  • Ciri 5: Makalah memiliki tinjauan pustaka yang kritis dan komprehensif. Tinjauan pustaka adalah bagian dari makalah yang berfungsi untuk memberikan tinjauan teoritis dan empiris tentang topik penelitian yang dibahas. Tinjauan pustaka makalah harus kritis dan komprehensif, yaitu mampu menunjukkan kekuatan dan kelemahan dari teori-teori dan penelitian-penelitian terdahulu yang relevan. Tinjauan pustaka makalah juga harus menunjukkan kesenjangan atau gap yang menjadi dasar dari penelitian.
  • Ciri 6: makalah bahasa indonesia sma doc memiliki metode penelitian yang jelas dan valid. Metode penelitian adalah bagian dari makalah yang berfungsi untuk menjelaskan bagaimana penelitian dilakukan. Metode penelitian makalah harus jelas dan valid, yaitu mampu menjelaskan desain penelitian, populasi dan sampel penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan aspek etis penelitian. Metode penelitian makalah juga harus sesuai dengan jenis dan tujuan penelitian.
  • Ciri 7: Makalah memiliki hasil dan pembahasan yang objektif dan logis. Hasil dan pembahasan adalah bagian dari makalah yang berfungsi untuk menyajikan dan membahas hasil penelitian. Hasil dan pembahasan makalah harus objektif dan logis, yaitu mampu menyajikan hasil penelitian secara faktual dan akurat, serta membahas hasil penelitian secara kritis dan analitis. Hasil dan pembahasan makalah juga harus sesuai dengan pernyataan tesis atau hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya.

Download

DOWNLOAD PTK

  • Ciri 8: Makalah memiliki simpulan dan saran yang relevan dan aplikatif. Simpulan dan saran adalah bagian akhir dari makalah yang berfungsi untuk merangkum hasil penelitian dan memberikan saran untuk pengembangan lebih lanjut. Simpulan dan saran makalah harus relevan dan aplikatif, yaitu mampu merangkum hasil penelitian secara singkat dan padat, serta memberikan saran yang bermanfaat untuk praktisi, akademisi, atau peneliti lain yang tertarik dengan topik penelitian tersebut.
  • Ciri 9: makalah bahasa indonesia sma doc memiliki daftar pustaka yang lengkap dan konsisten. Daftar pustaka adalah bagian dari makalah yang berfungsi untuk mencantumkan sumber-sumber referensi yang digunakan dalam penulisan makalah. Daftar pustaka makalah harus lengkap dan konsisten, yaitu mampu mencantumkan semua sumber referensi yang digunakan dalam penulisan makalah, serta mengikuti format sitasi yang ditentukan oleh lembaga atau jurnal yang menerbitkan makalah.
  • Ciri 10: Makalah memiliki lampiran yang informatif dan relevan. Lampiran adalah bagian tambahan dari makalah yang berfungsi untuk menyajikan informasi-informasi pendukung yang tidak dapat dimasukkan dalam bagian utama makalah. Lampiran makalah harus informatif dan relevan, yaitu mampu menyajikan informasi-informasi pendukung yang bermanfaat bagi pembaca untuk memahami lebih lanjut tentang topik penelitian tersebut.

Kesimpulan

Sekarang, Sobat NewsClub telah mengetahui apa itu makalah dan ciri-cirinya. Anda juga telah mengetahui beberapa bagian-bagian utama dari makalah. Ingatlah bahwa menulis makalah membutuhkan usaha dan latihan yang terus-menerus. Namun, hasil akhirnya akan memberikan kepuasan dan penghargaan bagi Anda. Jangan ragu untuk mencoba dan terus belajar! Terimakasih.

MAKALAH BAHASA INDONESIA SMP KELAS 8 DOC

Leave a Comment